Dalam laporannya, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Yasid Taufik mengatakan, tujuan ekspose UMKM dengan tema “UMKM Sebagai Lokamotif Pembangunan Pertanian” adalah untuk mengeskalasi dan menguatkan jejaring pemasaran para pelaku UMKM pangan lokal.
Untuk penguatan UMKM pangan lokal, BKP Kementan melakukan pelatihan, promosi, fasilitasi pemasaran melalui gerai pangan lokal maupun pemasaran online melalui panganlokal.id.
Melalui upaya tersebut diharapkan bisa membantu mengatasi masalah UMKM pangan lokal seperti keterbatasan permodalan, manajemen sumber daya manusia, akses pemasaran dan distribusi, kontinuitas bahan baku, serta kurangnya penggunaan teknologi khususnya dalam pengolahan pangan.
Sementara itu Jeng Dewi dan Dzamil masing-masing Perwakilan UMKM Jawa Timur dan Jawa Barat, mengakui merasakan manfaat yang besar dengan adanya Ekspose ini, terutama untuk membuka jaringan pemasaran yang lebih luas lagi.
Ekspose yang dijadwalkan berlangsung dari 23-26 September 2021 ini diikuti 35 UMKM pangan lokal dari berbagai daerah. UMKM ini merupakan bagian dari 500 UMKM yang dibina BKP Kementan. Aneka produk olahan pangan lokal bisa dibeli disini. Atau bagi yang ingin bekerja sama mengembangkan bisnis pangan lokal, juga bisa berkunjung kesini.