BPBD Jatim Gelar Rakor Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Reporter: HADI M
Editor: DM

SURABAYA,transnews.co.id – Meski kekeringan dan kebakaran hutan & lahan (Karhutla) masih terjadi di sejumlah daerah, namun hujan disertai angin kencang juga telah terjadi di beberapa daerah lainnya di Jatim. Karenanya, dalam rangka merespon musim pancaroba dan datangnya musim penghujan ini, BPBD Jatim menggelar Rapat Koordinasi dengan Kabupaten/Kota se-Jatim.

Kegiatan yang digelar di Ruang Siaga Kantor BPBD Jatim tersebut, dipimpin Kalaksa BPBD Gatot Soebroto dan diikuti Kalaksa BPBD se-Jatim bersama Tim Bidang Kedaruratan dan Logistik di masing-masing daerah.

BACA JUGA :  BPBD Jatim Sosialisasi Kesiapsiagaan Antisipasi Erupsi Gunung Semeru

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto menyampaikan, bahwa saat ini Jawa Timur telah memasuki musim pancaroba. Di beberapa daerah memang masih kekeringan, namun di sejumlah daerah lain telah terjadi hujan disertai angin puting beliung.”Karena itu, kami minta agar setiap daerah bisa mulai mengantisipasi kondisi itu dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti, bersih-bersih sungai, susur sungai maupun kegiatan lain,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/10/2024).

BACA JUGA :  12 Desa/Kelurahan di Jatim Terpilih Sebagai Pemenang Lomba Destana 2021

Guna mendukung upaya kesiapsiagaan tersebut, BPBD Jatim juga akan mendistribusikan peralatan dan logistik kebencanaan ke kabupaten/kota. Langkah ini dilakukan untuk mendekatkan kebutuhan logistik dan peralatan dengan potensi ancaman bencana di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Kalaksa Gatot Soebroto yang didampingi Penata PB Ahli Madya Sriyono juga mengapresiasi capaian indeks risiko bencana (IRB) di Jatim yang semakin membaik. Tentu, hal itu karena capaian di kab/kota yang semakin meningkat.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *