Hadapi Musim Penghujan, PLN UIT JBB Lakukan Langkah Preventif untuk Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Reporter: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

Cilegon, transnews.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya terkait instalasi kelistrikan rumah tangga.

General Manager PLN UIT JBB, Jarot Setyawan, mengatakan bahwa PLN mengambil langkah-langkah preventif guna mengamankan pasokan listrik yang andal kepada pelanggan di tengah hujan yang mulai turun di beberapa wilayah.

“Kami telah menyiapkan langkah preventif agar pasokan listrik kepada pelanggan tetap andal di tengah potensi hujan yang mulai turun. Kami imbau pelanggan untuk lebih waspada, terutama jika terjadi hujan lebat dan banjir,” kata Jarot melalui keterangan resminya, Jumat (20/9/2024).

BACA JUGA :  Cegah Gangguan Jalur Transmisi, PLN Sosialisasi Jarak Aman

Jarot juga menjelaskan bahwa PLN telah menyiapkan langkah-langkah preventif lainnya, yaitu dalam pengamanan jaringan transmisi dan gardu induk menghadapi musim penghujan.

Dijelaskan, pada sisi transmisi ada beberapa langkah yang dilakukan, seperti pembersihan isolator, penguatan pertanahan, dan pemasangan Multi Direct Grounding sebagai upaya meminimalisir terjadinya gangguan akibat petir.

“Pada sisi gardu induk, kami juga telah melakukan beberapa mitigasi, seperti penutupan lubang Marshalling Kiosk (MK), pengecekan kondisi MK dan kotak mekanik, pembersihan saluran air, pengecekan sumur pompa, serta pengecekan ground tank dan watergate,” ujar Jarot.

BACA JUGA :  Gelar Apel Siaga, PLN All Out Sukseskan Upacara HUT RI-79 di IKN Sabtu Esok

Terpisah, Manajer Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cilegon, Eka Annise Ambarani, mengatakan telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk bersiaga penuh dalam mengamankan jaringan kelistrikan.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *