Bengkulu, Transnews.co.id – Kadis Kominfo Kota Bengkulu Eko Agusrianto menggelar rapat bersama perwakilan Kementerian Kominfo dan pihak Telkom Bengkulu terkait persiapan Launching Call Center 112 (Layanan Panggilan Darurat) untuk masyarakat Kota Bengkulu.
Rapat digelar di Ruang Kerja Kepala Diskominfo, Senin (7/3/2022) pagi. Eko mengatakan, launching 112 akan menjadi kado terindah pada Hari Jadi Kota Bengkulu ke 303 tahun nantinya. Launching ini merupakam keinginan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu dalam merespons cepat laporan masyarakat terkait kegawat daruratan.
“Ya ini merupakan keinginan pimpinan kita untuk merespon cepat laporan masyarakat terkait kegawat daruratan sehingga semua masalah masyarakat kota bisa direspons cepat,” ujar Eko.
Selanjutnya Eko mengharapkan dukungan penuh dari semua kalangan dalam launching layanan 112 pada Hari Jadi Kota Bengkulu 17 Maret mendatang.
“Saya berharap semua OPD, stakekholder dan masyarakat dapat terlibat dalam menyuskseskan launching 112 nantinya,” ungkap Eko.
Ditambahkan Eko, saat ini Pemerintah Kota Bengkulu lagi mempersiapkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) untuk layanan 112, sehingga waktu launching nanti semua akan siap.
Sementara itu, Staf Direktorat Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Kemkominfo Wibi Noviardi menyampaikan bahwa sudah 82 kabupaten/kota di Indonesia yang mengimplementasi layanan panggilan darurat 112. Nantinya masyarakat juga bisa menghubungi layanan 112 secara gratis tanpa khawatir tidak ada pulsa serta proses menghubungi layanan 112 hanya hitungan beberapa detik saja.