Kadiskominfo Depok Manto Buka Pelatihan Peningkatan SDM

Reporter: DiM
Kepala Kadiskominfo Manto - DU
Kepala Kadiskominfo Manto - DU

DEPOK,transnews.co.idKadiskominfo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika) Depok Manto membuka pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Statistik Sektoral Tahun 2024.

Dikesempatan itu Ia berharap pelatihan yang diadakan Diskominfo dapat menyukseskan penyelenggaraan Satu Data di Kota Depok.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pemerintah telah mencanangkan program Satu Data Indonesia sejak tahun 2019. Melalui semangat Satu Data Indonesia ini, Pemerintah berharap data pembangunan dapat terhimpun dalam satu sistem yang mudah diakses dan dibagipakaikan ke publik,” ujarnya, di Ballroom Avenzel Hotel & Convention, Cibubur, Jumat (28/06/2024).

BACA JUGA :  IBH: Alhamdulillah Wali kota Depok Terima Penghargaan dari Gubernur Jabar

Saat ini Kota Depok telah memiliki Portal Satu Data Kota Depok (SADEPOK) sebagai wadah untuk mempublikasikan seluruh data-data Pembangunan yang dihasilkan oleh perangkat daerah. Dirinya berharap portal ini dapat menjadi rujukan bagi pengguna data dalam mengakses data statistik sektoral.

“Perlu disadari bahwa semangat dari Satu Data adalah berbagipakai data. Untuk itu, data yang sudah dikumpulkan perlu untuk disebarluaskan agar dapat dimanfaatkan oleh publik atau instansi lain,” ujarnya.

BACA JUGA :  Camat Tapos Berikan Penyuluhan Perwal No. 13 Tahun 2021

Dijelaskannya bahwa pada prinsipnya, data yang disebarluaskan pada portal Sadepok merupakan data yang termasuk dalam informasi terbuka dan bukan termasuk dalam data yang dikecualikan. Namun dalam praktiknya, masih terdapat perangkat daerah yang menginput datanya dalam mode privat, sehingga tidak dapat diakses oleh publik.

“Terkait dengan informasi publik, saat ini Kota Depok juga telah memiliki Peraturan Walikota Depok Nomor 487/652/Kpts/Diskominfo/Huk/2023 tentang Penetapan Informasi Publik yang dikecualikan di lingkungan Pemerintah Kota Depok,” sambungnya.

BACA JUGA :  Sebagai bentuk Kerjasama Strategis, Permata Bank Resmikan Permata Lounge di FEB UI

“Diskominfo Depok terus mendorong kepada Perangkat Daerah untuk mempunyai petugas pengelola data, yang nantinya akan membantu Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dalam mengelola data yang dihasilkan oleh Dinas tersebut,” tandasnya.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *