Komitmen Pemerintah dalam Pembangunan Papua Terus Dilakukan

Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Satu dari beberapa simbol kebangkitan infrastruktur di Papua. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj via indonesia.go.id)

Di Kabupaten Jayapura, Pemerintahan Jokowi mendorong dibangunnya pelabuhan peti kemas di distrik Depapre. Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin juga membangun Pelabuhan Nabire, Pelabuhan Pomako, Pelabuhan Moor, dan Pelabuhan Serui serta Pelabuhan Kaimana di Provinsi Papua Barat. Pelabuhan-pelabuhan itu kini terkoneksi sebagai bagian dari pekabuhan tol laut trayek Jayapura-Sorong-Merauke. Yang manfaatnya sudah dirasakan masyarakat sekitar. Sangat membantu menurunkan harga pangan dan harga kebutuhan lain.

Di bidang kesehatan, Presiden meresmikan pembangunan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani, Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke.

BACA JUGA :  Jabat Sekretaris Dispenad, Kolonel Arh Hamim Tohari Serahkan Tugas dan Jabatan Kepada Danrem 174/ATW

Tumbuh Kembang Wirausaha

Terkait perkembangan wirausaha, transformasi ekonomi Papua, terutama dalam mengejar ketertinggalan memerlukan peran aktif pelaku wirausaha. Dan, revitalisasi pasar rakyat. Pemerintah menyiapkan fasilitas, inkubasi, pusat-pusat inovasi, serta kreativitas. Digitalisasi dikebut demi menyuburkan bisnis start-up.

Semuanya bergerak dalam langgam yang sama dan melesatkan ekonomi Papua. Berdasarkan data Papua Muda Inspiratif, Perkembangan Papua Muda Inspiratif mulai dari UMKM, pertanian, sosial dan budaya, pendidikan dan kesehatan, industri kreatif dan teknologi digital, per Oktober 2021 sebanyak 8.025 anggota, meningkat sebanyak 21 anggota dari sebelumnya pada 2019 sebanyak 8.004 anggota.

BACA JUGA :  Satgas Yonif MR 412 Bangkitkan Minat Belajar Anak-Anak di Pedalaman Papua

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemerintah membangun pasar di Jayapura. Menyelesaikan rehabilitasi atau merekonstruksi Pasar Wouma di Wamena pada 2020 dengan anggaran Rp2,1 miliar dan 403 ruko di Wamena pascakonflik sosial dengan anggaran Rp138,6 miliar. Pemerintah juga melakukan pembangunan Pasar Thumburuni di Fakfak, Papua Barat, yang dimulai konstruksi awal Agustus 2021.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait