Komitmen Pemerintah dalam Pembangunan Papua Terus Dilakukan

Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Satu dari beberapa simbol kebangkitan infrastruktur di Papua. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj via indonesia.go.id)

Terkait reformasi birokrasi, mesin birokrasi berkualitas diperlukan untuk menata kekuatan sumber daya manusia serta kelimpahan sumber daya alam Papua. Untuk menghimpun, menyegarkan, dan meningkatkan kembali budaya kerja efektif, serta tata kelola bersih, transparan, akuntabel. Sehingga cita-cita kesejahteraan merata bagi segenap warga Papua niscaya terwujud.

Dalam pencapaiannya Papua dan Papua Barat untuk Indeks Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) memperoleh nilai B. Sedangkan Indeks Reformasi Birokrasi (RB) 2020 Papua dan Papua Barat memperoleh nilai CC.

BACA JUGA :  Moya Institute Selenggarakan Webinar Perdamaian dan Kedamaian Papua

Sebelumnya, pada 2018, pencapaian SAKIB dan Indeks RB Papua dan Barat memperoleh nilai B, sedangkan Indeks RB Papua memperoleh B dan Papua Barat nilai CC. Kemudian tahun 2019 Capaian Indeks SAKIB dan Indeks RB kedua provinsi tersebut memperoleh nilai BB.

PON dan Kebanggan terhadap Papua

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, pada 2021 capaian yang dilakukan pemerintah di panggung perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua adalah melukis wajah baru yang merona oleh kegembiraan.

BACA JUGA :  Menteri PUPR Tandatangani Prasasti Infrastruktur PON Papua

“Inilah pesta raya yang memupus stigma lama tentang keterbelakangan tanah cenderawasih,” kata Menkominfo Johnny G Plate pada laporan “Capaian kinerja 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” yang diluncurkan tepat pada dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres KH Ma’ruf Amin, Rabu (20/10/2021).

Menurut Menkominfo, seperti dikutip Infopublik.go.id, Presiden Joko Widodo hadir membuka PON Papua yang menandai sejarah baru di belahan timur Indonesia. Gerbang-gerbang pulau dibentang lebar, agar dunia turut menyesap gelora spirit Torang Bisa. “Papua membuka mata kita pada kekayaan budaya, sportivitas olahraga, penggemblengan sumber daya manusia. Dan, mengingatkan kita pada pentingnya hidup aman sekaligus sejahtera,” ujar Menkominfo.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait