Lahar Dingin Gunung Semeru Hancurkan Jembatan Gantung di Lumajang

Reporter: Hadi M
Editor: DM
Jembatan kali Regoyo Desa Gondoruso Lumajang, Jawa timur hanyut di terjang banjir lahar dingin Gunung Semeru, Jum'at (7/7).
Jembatan kali Regoyo Desa Gondoruso Lumajang, Jawa timur hanyut di terjang banjir lahar dingin Gunung Semeru, Jum'at (7/7).

LUMAJANG,transnews.co.id – Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah jembatan di wilayah kabupaten Lumajang, Jawa timur hingga mengakibatkan kerusakan parah pada Jembatan yang ada, Jumat (7/7/2023)

Salah satu Jembatan yang hancur akibat terjangan banjir kahar Semeru tersebut, adalah Jembatan gantung Kali Regoyo dan jembatan penghubung antara Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang dikabarkan putus diterjang aliran lahar dingin Gunung Semeru tersebut.

BACA JUGA :  PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Akibat Banjir Bandang Lumajang

“Terpantau di jembatan Sungai Regoyo Gondoruso debit air mengalami peningkatan yang sangat besar sehingga meluap di atas jembatan,” terang Kapolsek Pasirian Agus Sugiharto di Lumajang.

Pihaknya juga melarang masyarakat untuk melintas karena potensi material vulkanik dan bebatuan turut bercampur dalam lahar dingin Gunung Semeru.

“Kami melarang untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak melintas, situasi masih hujan intensitas sedang,” katanya.

Ruas jalan nasional KM 58 Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro yang menghubungkan antara kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jembatan Gladak perak atau Piket Nol Longsor tertutup timbunan tanah, Jum'at,(7/7)2023)
Ruas jalan nasional KM 58 Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro yang menghubungkan antara kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jembatan Gladak perak atau Piket Nol Longsor tertutup timbunan tanah, Jum’at,(7/7)2023)

Sejumlah video amatir merekam detik-detik lahar dingin menerjang sejumlah jembatan menjadi viral di media sosial dan pesan berantai di sejumlah whatsapp warga di Lumajang.

BACA JUGA :  PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Akibat Banjir Bandang Lumajang

Selain banjir lahar dingin Gunung Semeru tersebut , Kabupaten Lumajang juga diterjang bencana tanah longsor di sejumlah titik.

Dari pantauan BPBD Kabupaten Lumajang, longsor terparah terjadi jalur Piket Nol tepatnya di KM 58 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait